Monday, May 18, 2009

Persyaratan Menjadi Presiden Dan Wakil Presiden

Persyaratan Administrasi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

1. Kartu Tanda Penduduk dan akte kelahiran Warga negara Indonesia.

2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

3. Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah yang ditunjuk KPU.

4. Surat Tanda terima atau bukti penyampaian laporan harta kekayaan pribadi kepada komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

5. Surat Keterangan tidak sedang dalam keadaan pailit dan/atau tidak memiliki tanggungan utang yang dikeluarkan oleh pengadilan negeri.

6. Foto copy NPWP dan tanda bukti pengiriman atau penerimaan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi selama 5 (lima) tahun terakhir.

7. Daftar Riwayat Hidup, Profil singkat, dan rekam jejak setiap bakal calon.

8. Surat pernyataan belum pernah menjabat presiden atau wakil Presiden selama 2 (dua) kali masa Jabatan dalam jabatan yang sama.

9. Surat pernyataan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

10. Surat Keterangan dari pengadilan negeri yang menyatakan bahwa setiap bakal calon tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan negeri yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

11. Bukti kelulusan berupa foto copy ijazah, STTB, Syahadah, sertifikat, atau surat keterangan lain yang dilegalisasi oleh satuan pendidikan atau program pendidikan menengah.

12. Surat Keterangan tidak terlibat organisasi terlarang dengan G.30.S/PKI dari kepolisian.

13. Surat pernyataan bermeterai cukup tentang kesediaan yang bersangkutan diusulkan sebagai bakal calon presiden dan bakal calon Wakil Presiden secara berpasangan.

4 comments:

  1. pemerinta kota BITUNG

    ReplyDelete
  2. PANITIA CAPRES REPUBLIK INDONESIA MELANGGAR UNDANG2 1945.. KOK YG CAPRES HARUS KAYA..(SYARAT MINIMAL HARTA) BUKANKH HARTA DAN KEKAYAAN ALAM NEGERI YG DIGUNAKAN UNTUK PEMILU. JUGA YG JDI PRESIDEN ATAU KEPALA DAERAH APA PERNAH PAKAI UANG PRIBADI BANGUN NEGARA.. INGATLAH PADA TH.2014. SAYA TUNTUT SECARA HUKUM TERHADAP ATURAN2 PANITIA CAPRES..

    ReplyDelete
  3. Capres kok harus kaya!!!!! kaya aja ga cukup!!!!! lebih baik memilih capres miskin tapi kaya hati dan kaya iman..tapi kira2 ada ga ya yg mau milih??? hehe...soalnya bangsa kita ini sudah buta mata hatinya. Woalah..kasian sekali INDONESIA ini..kasian sekali bangsa ini...!!!!

    ReplyDelete
  4. Syarat untuk menjadi presiden sperti yang tertulis di atas menurutku terlalu rumit, kalau bisa yang sederhana aja.

    Seperti ini:
    1. Jujur
    2. Kerja keras
    3. Kereatif menata bangsanya

    ReplyDelete